Wednesday 29 November 2017

Inilah 6 langkah sederhana mengatasi dan menghindari kegagalan dalam berwirausaha


Gambar : Pixabay.com

Dalam berwirausaha pasti kita mengalami “ naik dan turun ” dalam artian perjalanan dalam berwirausaha itu tidak semulus yang kita bayangkan pasti ada tantangan dan rintangan yang akan kita hadapi. Bagi sebagian orang mengatakan bahwa berwirausaha itu tak semudah yang kita bayangkan, kita dihadapi banyak risiko yang memungkinkan usaha kita berhenti ditengah jalan.

Banyak orang yang bermimpi menjadi pengusaha yang sukses namun tak sedikit orang yang usahanya berhenti di tengah jalan, alasannya sangat beragam dari yang tidak balik modal sampai yang sepi pembeli. Nah sebagai seorang wirausahawan kita harus memiliki mental baja dan sikap pantang menyerah guna menghindari dan mengatasi hal hal semacam itu.

Dan tak sedikit orang yang bermimpi menjadi pengusaha yang sukses, namun nyatanya hanya sebagian orang yang dapat dibilang telah menjadi pengusaha yang sukses, mengapa demikian? Kebanyakan orang hanya bermimpi dan berencana dan tidak pernah memulai atau ada orang yang memulai tapi kurang persiapan dan perancangan dalam mendirikan dan merintis usahanya.

Perlu kita ketahui bahwa meraih kesuksesan itu membutuhkan proses demi proses, ketika kita melalui proses pertama kita juga akan mengalami dan menghadapi proses kedua dan seterusnya hingga kita dapat meraih kesuksesan tersebut. Karena itu kita butuh kesabaran, ketekunan dan bekerja bersungguh-sungguh dalam mengerjakan usaha kita.

Nah guna mengatasi dan menghindari kegagalan dalam berwirausaha tersebut, berikut sedikit rangkuman 6 cara sederhana mengatasi dan menghindari kegagalan dalam berwirausaha.

1. Yakin bahwa kita bisa!

Percaya kepada kemampuan dan potensi diri kita, bahwa kita mampu mengatasi segala rintangan yang akan kita hadapi dalam berwirausaha. Jika kita setengah hati dalam membangun usaha, kita akan mudah dijatuhkan oleh keadaan dan berdampak pada usaha yang kita rintis. Alih-alih sukses, justru usaha yang kita bangun akan berhenti di tengah jalan alias gulung tikar, karena itu kita harus bersungguh-sungguh dalam membangun dan mengembangkan usaha kita dan kita juga harus percaya dan yakin bahwa kita bisa dan mampu menghadapi segala rintangan dalam berwirausaha.


2. Menganalisa peluang bisnis dan target pasar

Sebagai wirausahawan kita harus kreatif dan inovatif, kita juga harus mampu dan pandai melihat dan menganalisa peluang bisnis yang sedang berkembang dipasaran, analisa tren bisnis yang sedang berkembang kemudian kita kemas kembali menjadi sesuatu yang baru dan unik yang mampu bersaing dipasaran dan dimasyarakat luas. Karena itu seorang wirausahawan atau pengusaha harus kreatif dan harus memiliki kemampuan membuat dan menciptakan sesuatu yang baru dan unik guna memenuhi kebutuhandan yang mampu diterima baik oleh masyarakat luas, supaya usaha dan bisnis kita semakin maju dan berkembang.

3. Menentukan dan mempersiapkan ide dan model bisnis

Dalam membangun usaha atau dalam berwirausaha pastinya kita tidak asal-asalan dalam menentukan usaha apa yang akan kita rintis. Cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang yang akan kita rintis yang memungkinkan usaha yang kita rintis diterima baik oleh masyarakat luas. Dan cobalah mencari ide bisnis yang sesuai dengan passion kita, karena kenapa? Karena kita akan lebih senang dan rileks dalam merintisnya bahkan saat diterjang situasi yang sulit sekalipun. Dengan begitu kita juga tidak akan kesulitan dalam mengembangkan usaha yang kita rintis, dan tentunya kita akan lebih mudah mempertahankan komitmen alias konsisten dalam merintis usaha.

4. Persiapkan visi dan misi

Visi dan misi sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan usaha kita, mengapa kita harus mempersiapkan visi dan misi? Jawabannya sederhana karena dengan visi dan misi kita tahu bahwa mau dibawa kemana usaha yang kita rintis ini, dan pasti kita mempunyai mimpi untuk mengembangkan usaha kita dan menjadikannya lebih maju. Karena itulah visi dan misi dibutuhkan dalam berwirausaha atau dalam merintis suatu usaha. Perlu kita ketahui bahwa suksesnya suatu usaha atau bisnis adalah dari cara memulainya, maksudnya jika kita memulai usaha atau bisnis kita dengan rencana yang matang kemungkinan besar usaha kita dapat cepat berkembang dan maju.

5. Mempersiapkan modal usaha

Setelah rancangan bisnis kita siap langkah selanjutnya adalah mempersiapkan modal, kita tentukan berasal dari mana modal kita untuk membangun dan merintis usaha tersebut. Baik itu hasil dari tabungan sendiri, patungan bersama teman, sanak, saudara, atau hasil dari pinjaman dan lain sebagainnya. Setelah kita mendapatkan modal selanjutnya kita kelola modal tersebut sebaik mungkin supaya usaha yang kita rintis cepat berkembang dan maju, pastikan kebutuhan bisnis dalam merintis usaha kita terpenuhi. Oleh karena itu kita harus mengelola modal dengan sebaik mungkin.

6. Memulai usaha

Setelah semuanya siap, hal terpenting dari membangun dan mengembangkan bisnis atau usaha adalah cara memulainya yaitu dengan cara bekerja dengan sungguh-sungguh. Kenapa demikian? Karena langkah awal kita dapat mempengaruhi perkembangan bisnis kita kedepannya. Langkah awal yan baik akan menghasilkan kerja yang baik pula. Dan memang merintis usaha itu tak semudah yang kita bayangkan, tapi langkah pertama sangat diperlukan, kesuksesan itu tidak jatuh dengan sendirinya dari langit, atau karena keajaiban lainnya. kesuksesan itu didapat melalui proses dan sikap pantang menyerah dan bekerja dengan sungguh-sungguh dengan penuh kesabaran dan ketelitian, jadi mulailah pijakan langkah pertama mu untuk meraih kesuksesan.


Jika kita mempunyai mimpi yang besar, kita juga pasti memiliki kemauan yang besar pula. Dan untuk mewujudkan mimpi tersebut kita perlu memulainya dengan cara mengambil langkah pertama kita dalam menggapai mimpi tersebut, mereka yang sukses meraih mimpinya, menggapai cita-citanya, mereka adalah orang yang berfikir bahwa mereka bisa! Jadi ambil dan langkahkan langkah pertama mu untuk meraih kesuksesan. 

Berikan komentar
EmoticonEmoticon