Sunday 20 August 2017

Cara mengatur dan mengelola keuangan dengan baik



Gambar : Pixabay.com


Kenapa sih kita harus mengatur keuangan kita dengan baik? Nah dengan keuangan yang teratur resiko permasalahan keuangan pribadi atau keluarga akan bisa di atasi dengan baik. Permasalahan keuangan pribadi atau keluarga biasanya bukan karena penghasilan yang kurang, namun penyebab utamanya adalah cara pengelolaan keuangan yang tidak tepat. Kali ini AndriyanArt akan memberi sedikit tips dan mudah mudahan bermanfaat, langsung saja ini dia tipsnya.

1. Membuat daftar kebutuhan

Nah kenapa kita harus membuat daftar kebutuhan? Karena untuk meminimalisir penggunaan uang yang tidak teratur. Cobalah membuat daftar kebutuhan mulai dari daftar kebutuhan sehari hari seperti kebutuhan dapur dan lain sebagainya. Kebutuhan mingguan seperti peralatan mandi, kebutuhan bulanan seperti bayar listrik, bayar air dan lain sebagainya. Dengan demikian kita dapat melihat berapa pengeluaran perbulan kita.

2. Menabung sebagian uang

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini, walau bagaimana pun menabung adalah hal yang penting dan bagian dari pengelolaan keuangan yang baik. Cobalah menabung uang sisa dari kebutuhan kita. Dengan menabung kita dapat meminimalisir resiko berhutang, uang tabungan tersebut nanti bisa kita gunakan untuk liburan atau kebutuhan yang mendadak dan lain sebagainya.

3. Fokus pada rencana keuangan

Tetap fokus dan konsisten pada rencana keuangan, dengan begitu kita dapat mengatur keuangan pribadi atau keluarga dengan baik.
Dan tidak lagi menggunakan uang yang tidak teratur.

Cara mengelola keuangan yang baik, dapat Anda mulai dari yang paling dasar. Setelah itu baru membuat rencana-rencana keuangan selanjutnya. Dengan begitu anda dapat mengatur dan mengelola keuangan anda dengan baik.

1 komentar so far

This comment has been removed by the author.

Berikan komentar
EmoticonEmoticon