Wednesday 23 August 2017

Cara mudah membuat dan membangun blog untuk pemula



Gambar : Pixabay.com

Banyak orang yang hobi menulis dan tak sedikit pula yang menerbitkan atau mempublikasikan karya nya ke internet seperti media sosial, blog dan lain sebagainya. Dan tak sedikit pula orang yang hobi menulis artikel, dan ingin mempublikasikan hasil karyanya di blog pribadi namun masih bingung bagaimana cara membuat dan membangun blog. Nah kali ini AndriyanArt akan sedikit membahas dan memberi sedikit tips tentang Cara mudah membangun blog untuk pemula.

1. Menentukan jenis blog

Pertama, hal yang harus kita lakukan adalah menentukan jenis blog apa yang ingin kita buat atau blog apa yang ingin kita bangun. Seperti Blog bertopik blog yang membahas tentang sesuatu dan fokus pada bahasan tertentu, Blog media berfokus pada bahasan berbagai macam informasi, dan masih banyak lagi, cobalah tentukan jenis blog apa yang ingin kita bangun.

2. Menentukan tema atau konten blog

Setelah kita menentukan jenis blog apa yang ingin kita buat atau yang ingin kita bangun selanjutnya adalah menentukan tema blog atau konten blog, topik yang ingin kita bahas, carilah dan tentukan tema seunik dan sekreatif mungkin. Misalnya kita memilih jenis blog bertopik yang bertemakan kesehatan.

3. Menentukan judul dan alamat blog

Setelah kita menentukan jenis blog, dan tema atau konten blog, selanjutnya kita memilih dan menentukan alamat dan judul blog yang sesuai dengan tema atau konten blog yang telah kita tentukan sebelumnya. Misalnya kita memilih jenis blog bertopik, bertemakan kesehatan, nah kita buat judul dan alamat blognya misal judulnya Hidup sehat dan alamat blognya adalah Duniakesehatan. Tentukanlah judul dan alamat blog yang ingin kita bangun sekreatif dan seunik mungkin.

4. Menentukan Platform blog

Setelah kita menentukan judul dan alamat blog yang ingin kita bangun selanjutnya adalah menentukan
Platform yang ingin kita gunakan untuk membuat blog seperti blogger, wordpress dan masih banyak lagi Platform yang bisa kita gunakan. Kenapa kita harus menentukan Platform blog yang ingin kita gunakan? Karena setiap flatform memiliki fitur yang berbeda beda dan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing dan tentukan apakah kita mau menggunakan domain TLD seperti .Com dan lain sebagainya atau menggunakan domain standard dari Platform blog yang kita gunakan.

5. Menentukan template blog

Setelah kita menentukan Platform apa yang akan kita gunakan selanjutnya adalah menentukan template sesuai topik bahasan blog kita. Karena template sangat penting untuk kenyamanan pengunjung yang membaca atau yang mengunjungi blog. Kita dapat memilih template gratis atau berbayar sesuai Platform yang kita gunakan.

Berikan komentar
EmoticonEmoticon