Monday 8 January 2018

5 Cara jitu agar sukses dalam berjualan pulsa dan kuota internet


Gambar : Pixabay.com

Di era modern seperti sekarang ini, kebanyakan orang dan hampir semua orang menggunakan gadget dan smartphone. Bahkan tidak hanya dikalangan anak muda saja, smartphone juga digunakan oleh semua kalangan dari yang muda sampai orang dewasa juga menggunakan gadget dan smartphone. Karena itulah bisnis berjualan pulsa dan kuota menjadi salah satu bisnis atau usaha sampingan yang menjanjikan sekaligus menguntungkan.

Namun permasalahannya yang sering orang hadapi dalam berbisnis atau berjualan pulsa dan kuota ini adalah kebanyakan orang kesulitan dalam menjalankan strategi pemasaran atau penjualan dan tidak bisa mengelola uang hasil penjualan pulsa dan kuota tersebut dengan baik, alhasil bisnis jualan pulsa dan kuota pun tidak berkembang. Alih-alih sukses, usaha jualan pulsa dan kuota yang kamu jalankan malah bisa berhenti ditengah jalan atau yang sering disebut dengan gulung tikar. 

Nah lalu bagaimana cara mengatasi dan menghindari hal tersebut, dalam artikel berikut ini saya akan sedikit menjelaskan tips dan sedikit bercerita tentang pengalaman saya dulu dalam menjalankan bisnis atau berjualan pulsa dan kuota. Tapi sebelum ke pembahasan dan sebelum saya memberikan sedikit tips dan sedikit bercerita tentang pengalaman saya dalam berjualan pulsa dan kuota, mari kita sama-sama bangun blog ini supaya tetap memberikan hiburan dan manfaat untuk kamu dan teman-teman semua, dengan cara share artikel ini ke teman-teman kamu yang mungkin artikel ini bermanfaat buat teman-teman semua. Langsung saja berikut sedikit rangkuman tentang 5 cara jitu untuk sukses dalam berjualan pulsa elektrik dan kuota internet.

1. Membuat catatan pemasukan dan pengeluaran

Mencatat pemasukan dan pengeluaran itu adalah hal yang sangat wajib dalam merintis dan menjalankan bisnis apapun termasuk bisnis berjualan pulsa elektrik dan kuota internet ini. Menurut pengalaman saya dulu dalam menjalankan bisnis ini, kamu diharuskan mencatat pemasukan dan pengeluaran kamu guna memantau perkembangan bisnis pulsa elektrik dan kuota internet kamu. Dengan begitu kamu juga bisa melihat keuntungan kamu dalam berjualan pulsa dan kuota internet ini, jadi kamu bisa mengetahui dan memantau bisnis pulsa kamu dengan baik.

2. Membangun pelanggan

Membangun pelanggan ini adalah merupakan salah satu strategi pemasaran atau penjualan, dalam menjalankan bisnis berjualan pulsa dan kuota internet, kamu harus membangun pelanggan guna meningkatkan dan mengoptimalkan penjualan pulsa elektrik dan kuota internet kamu. Pasti kamu bertanya bagaimana sih membangun pelanggan itu? Jawabannya sederhana sekali, jika kamu ingin banyak orang yang menjadi pelanggan kamu. Kamu harus selalu memberikan pelayanan yang ramah dan baik, dengan begitu mereka yang sudah membeli pulsa maupun kuota internet kamu, mereka akan kembali lagi untuk membeli pulsa dan kuota internet kamu lagi. Karena mereka merasa nyaman dengan pelayanan yang ramah dan kualitan pelayanan yang kamu berikan. Dan alhasil penjualan pulsa dan kuota internet kamupun meningkat dengan sendirinya.

3. Jangan mengambil untung terlalu besar

Kita tahu bahwa berjualan pulsa dan kuota internet adalah bisnis yang cepat perputaran modalnya, jadi kamu jangan mengambil untung terlalu besar. Cukup mengambil untung sewajarnya saja, lebih baik untung sedikit tapi ramai pembeli dari pada untung gede tapi sepi pembeli. Alih-alih sukses, bisnis jualan pulsa dan kuota kamupun akan cepat gulung tikar kalau kamu mengambil untung terlalu besar. Seperti pepatah lama mengatakan bahwa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, dan harga penjualannya pun harus sesuai dengan harga penjualan di daerah kamu, supaya harganya tidak kemahalan ataupun ke murahan.

4. Menangani masalah dengan tepat

Jika kamu mengalami sedikit masalah dalam berjualan pulsa dan kuota internet seperti server sedang maintenance, eror, dan lain sebagainya. Kamu harus bisa menangani dan menjelaskan masalah tersebut dengan baik ke pelanggan kamu, supaya pelanggan kamu tidak kabur dan berlangganan ke penjual pulsa atau outlet lain. Nah bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Sebenarnya kamu hanya perlu mendaftar ke 2 server pulsa dan kuota internet yang berbeda, dengan begitu bila server yang satu sedang eror atau maintenance kamu tidak perlu khawatir karena ada satu server pulsa cadangan. Dengan begitu masalah tersebut bisa kita tangani, tapi biasanya  hal tersebut jarang terjadi tapi kita harus waspada akan hal-hal tersebut. Seperti pepatah lama mengatakan sedia payung sebelum hujan dan lebih baik mencegah dari pada mengobati. 

5. Mengelola uang hasil penjualan dengan baik

Kebanyakan orang yang gulung tikar dalam berjualan pulsa dan kuota internet, masalah utamanya adalah tidak bisa atau salah dalam mengelola uang hasil penjualannya. Tak sedikit orang yang mencapurkan modal dengan keuntungannya, hal ini adalah hal sepele namun berakibat patal dan berdampak pada usaha kamu kedepannya. Jika kamu mencampurkan modal dengan keuntungan, sedikit atau banyak uang modal pasti akan berkurang karena kita tidak tahu bahwa apakah itu uang modal atau keuntungan karena uangnya sudah tercampur. Dan hal inilah salah satu faktor penyebab usaha kamu berhenti ditengah jalan. Karena itu kita perlu buku catatan pengeluaran dan pemasukan guna memantau berapa pengeluaran perbulan kita dan berapa pemasukan kita perbulannya. Perlu diingat bahwa uang modal dan uang keuntungan harus dipisahkan guna memudahkan kita dalam menghitung keuntungan atau pemasukan bersih kita tiap bulannya.


Berikan komentar
EmoticonEmoticon