Saturday 4 November 2017

Inilah 5 alasan kenapa kita harus membiasakan disiplin diri sejak dini


 Gambar : Pixabay.com

Alasan kenapa kita harus membiasakan disiplin diri sejak dini? Karena disiplin itu sangat penting untuk membentuk karakter dan menumbuhkan rasa tanggung jawab. Karena salah satu faktor kesuksesan seseorang juga dipengaruhi oleh kedisiplinan, pertanyaannya bagaimana cara untuk memulai mendisiplinkan diri? Jawabannya adalah dimulai dari hal hal kecil seperti bangun tidak tidur kesiangan, dan disiplin diri juga berwal dari kebiasaan contohnya kita biasa bangun pagi dan tidak kesiangan itu kita sudah disiplin terhadap bangun tidur. Dan mulailah dengan hal kecil yang positif untuk membiasakan diri menjadi lebih baik untuk menjadi terbiasa dalam mendisiplinkan diri. Dan inilah 5 alasan kenapa kita harus membiasakan disiplin diri sejak dini.

1. Menumbuhkan rasa tanggung jawab

Ketika kita belajar membiasakan untuk disiplin disaat itulah rasa tanggung jawab perlahan tumbuh dan terbentuk. Mengapa demikian? Karena disaat kita membiasakan berdisiplin diri disitulah rasa tanggung jawab terhadap  kewajiban kita itu muncul. Dan setelah kita terbisa disiplin diri, rasa tanggung jawab itu akan menjadi karakter untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab.

2. Menghargai waktu

Poin kedua adalah menghargai waktu, menghargai waktu itu sangat penting karena ketika kita berdisiplin dan menghargai waktu kita akan mempunyai rasa tanggung jawab terhadap waktu. Dan menumbuhkan pola hidup yang teratur, pola hidup yang teratur adalah wujud dari tanggung jawab kita terhadap waktu. Dan seseorang yang sukses juga berawal dari menghargai waktu, menghargai waktu adalah salah satu pondasi yang menhantarkan seseorang kepada kesuksesan.

3. Pola hidup yang teratur

Poin ketiga adalah pola hidup menjadi lebih teratur. Ya, dengan disiplin dan menghargai waktu pola hidup pun jadi lebih teratur, dan dengan berdisiplin kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Dengan pola hidup yang teratur kita akan terhindar dari kata malas, mengapa demikian karena kita selalu mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu dan dengan pola hidup yang teratur kita juga akan bisa lebih menghargai waktu.

4. Salah satu pondasi untuk meraih kesuksesan

Poin keempat, disiplin adalah salah satu pondasi untuk meraih kesuksesan. Orang yang sukses lebih berdisiplin terhadap segala hal, terutama dalam menghargai waktu. Kebanyakan orang suka membuang buang waktu, padahal waktu itu sangat penting ketika kita menghargai waktu dan mengisi waktu dengan hal yang positif itu akan menghantarkan kita kepada kesuksesan.

5. Salah satu faktor kesuksesan

Disiplin adalah salah satu faktor kesuksesan, karena kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh kedisiplinan dan disiplin juga adalah pondasi untuk mencapai kesuksesan, dengan disiplin pola hidup kita akan lebih teratur. Seseorang yang sukses pasti berdisiplin diri karena itulah mereka meraih kesuksesan. Misalnya seorang atlet bulu tangkis harus disiplin terhdap latihan untuk melatih dan meningkatkan kemampuannya dalam olah raga bulu tangkis, dan seorang pelajar harus disiplin terhadap belajar untuk mencapai hasil atau nilai yang memuaskan. Itu semua harus didasari dengan berdisiplin diri.


Jadi membiasakan disiplin diri itu sangat penting untuk membentuk karakter yang lebih bertanggung jawab, dan aberdisiplin diri juga akan membuat kita lebih menghargai waktu. Disiplin adalah salah satu pondasi yang akan menghantarkan seseorang meraih kesuksesan.

Berikan komentar
EmoticonEmoticon